Belajar Sketchup (Sketchup Tutorial) 5

Desain Meja Kecil Untuk Produksi

Kali ini penulis akan menyajikan sesuatu yang berbeda, ya, memang berbeda karena pada postingan ini penulis akan memberikan praktek menggunakan sketchup dengan tujuan memproduksi sebuah meja kecil. Karena cukup sederhana untuk penulis jelaskan, maka langkah-langkah rinci akan diberikan. Dikarenakan gambar kali ini kita tujukan untuk proses produksi, maka untuk pertama kalinya penulis mencantumkan cara memasukkan ukuran untuk objek yang kita buat.

 Melalui berbagai pertimbangan mengenai bahan, akhirnya penulis memutuskan untuk menggunakan kayu reng (ukuran penampang 3x4 cm) dan triplek tebal 9mm. Langkah pertama kita set satuan gambar terlebih dahulu, klik menu window-preferences. Akan muncul tampilan pengaturan, pilih template, lalu pilih "Architectural Design-Milimeter", klik ok.




Pilih template

Mari kita gambar reng untuk kakinya. pilih tool rectangle, klik sekali dibidang gambar, lalu untuk memasukkan ukuran ketik angka 30;40 (30 dan 40 adalah ukuran reng, sedangkan tanda titik koma sebagai pemisahnya). Rectangle sudah terbentuk, lalu kita pull, klik icon push/pull, klik sekali dipermukaan rectangle, lalu ketik angka 200. Pilih objek kaki, jadikan komponen.


Masukkan ukuran reng

Permukaan reng sesuai ukuran

Reng setelah di pull 200mm






 Gandakan kaki sejauh 500mm dengan cara klik objek, pilih icon move, pegang di salah satu titik, ketik tombol ctrl pada keyboard, lalu arahkan. Selagi mengarahkan ketik angka 500. Objek akan diduplikasi dengan jarak 500mm.


Copy reng sejauh 500mm
 

Pindah view menjadi tampak samping. Agar gambar terlihat lurus gunakan pandangan paralel, caranya ketik menu camera-parallel projection. Kemudian buat rectangle dengan ukuran yang sama tepat diatas kaki yang telah kita buat. Lalu pull hingga keujung kaki yang lainnya. Gandakan seluruh objek sejauh 200mm.



Tampak samping













Gandakan kaki


Kemudian kita buat permukaan meja dengan rectangle berukuran 600;300mm. Karena tebalnya 9mm, pull rectangle tersebut lalu ketik angka 9, lalu enter. Jadikan papan tersebut sebagai komponen.


Rectangle permukaan meja

Permukaan meja di pull 9mm

Permukaan meja dijadikan komponen


Lalu pindahkan papan keatas kaki2 yang telah terbentuk . Klik icon move, lalu klik pada salah satu sudut bawah papan, pindahkan keatas kaki dengan klik di salah satu ujung atas kaki.








Untuk memastikan posisi papan, pindah view ke tampak depan. Lalu geser agar papan berada tepat ditengah2 kaki. Klik papan, pilih icon move, klik pada bagian tengah papan, lalu cari titik tengah kaki, lalu klik. Pindah view kembali ke tampak samping, kali ini kita geser papan 10mm saja kearah luar. Jangan ragu untuk men-zoom in agar perpindahan bisa lebih tepat.













Lalu dari tampak yang sama kita buat rectangle dibagian kosong. Masukkan ukuran 230;250, pull sebanyak 9, lalu jadikan komponen. Posisikan papan tersebut pada bagian sisi kaki, lalu gandakan untuk sisi lainnya.




























Bentuk dasar meja telah selesai kita buat, anda bisa memutar2 objek menggunakan orbit tool untuk melihat desainnya sudah sesuai keinginan atau belum. Jika masih belum sesuai, tentu pembaca dapat mengubah2 bentuk atau menambahkan komponen sesuai keinginan.

Kembali ke menu camera-perspective , lalu pilih paint bucket tool (gambar ember cat), pilih material kayu, lalu terapkan pada objek. Jika belum mengerti penggunaan material anda dapat menemukannya disini. Untuk finishing dapat kita gunakan cat warna, karena itu eksperimen terlebih dahulu warna apa yang kita inginkan agar meja terlihat bagus.





















Langkah terakhir, agar kita mudah dalam proses produksinya kita berikan informasi ukuran dengan dimension tool. Klik menu tool-dimension, lalu klik di ujung-ujung objek yang ingin diberi ukuran, lalu posisikan garis ukurannya. Setelah informasi ukuran sudah cukup, anda dapat langsung mencetaknya. Pindah ke tampak lain, berikan ukuran lagi, lalu cetak.














Nah, gambar sudah siap, selanjutnya kita potong bahan-bahan sesuai ukuran, lalu gunakan paku & martil untuk merakit sesuai gambar. Proses produksi akan penulis paparkan pada posting berikutnya, selamat mencoba & jangan takut untuk bereksperimen.


Bahan sudah dipotong sesuai ukuran & gambar

Kru yang narsis siap membantu :)

Kaya nya udah ga sabar pingin cepat2 pakai  meja nya :)


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...