Belajar SketchUp (SketchUp Tutorial) 1 - Membuat Meja Kantor

Pada tutorial ini penulis akan menjelaskan langkah demi langkah penggunaan sketchup untuk membuat sebuah meja sederhana. Penulis akan menggunakan tool-to0l create dan modify yang dasar-dasarnya dapat ditemukan pada postingan sebelumnya. Selain menggunakan create dan modify kita akan menggunakan beberapa tool navigasi untuk memudahkan proses pembentukan model. Pengenalan dasar tool navigasi juga terdapat pada postingan yang lalu.

Atau klik link dibawah ini sebagai petunjuk toolbar serta istilah2 : http://sketsasik.blogspot.com/2012/06/peta-toolbar-istilah-sketchup.html Pertama, buat permukaan meja dengan menggunakan rectangle, lalu di push sedikit (Lihat gambar) untuk memberikan ketebalan. Lalu agar meja tidak terlihat terlalu polos, kita buat garis dan arc sebagai variasi bentuk permukaan meja, kemudian push kebawah hingga permukaan baru yang terbentuk akan hilang dari objek.


Bentuk permukaan meja menggunakan rectangle, garis, dan arc, lalu di 'pull'



Setelah kita mendapatkan bentuk dasar permukaan meja, kita akan membuat kaki meja. Untuk itu, gunakan orbit tool untuk memutar view agar bagian bawah permukaan meja dapat terlihat. Lalu buat garis sebagai outline kaki meja, pastikan garis tersebut menyentuh kedua sisi permukaan bawah meja agar terbentuk sebuah bidang baru untuk kemudian kita pull menjadi 3d. Klik push/pull tool, pilih bidang yang baru saja terbentuk, kemudian klik & drag seperlunya untuk membuat kaki meja.

Membentuk kaki meja dengan 'line' lalu di 'pull'

Gunakan teknik yang sama untuk membentuk kaki meja disisi yang lain. Untuk membuat kaki meja yang baru sama tinggi dengan yang sebelumnya, pada saat mendrag menggunakan push/pull tool letakkan kursor pada ujung kaki meja yang telah terbentuk agar panjangnya persis mengikuti kaki sebelumnya.



Lalu buat sebuah rectangle pada bagian belakang permukaan bawah meja untuk membentuk sedikit penutup.

Tambahkan rectangle lagi disisi bawah

Lalu di 'pull'

Selanjutnya kita akan membuat dua buah laci yang akan melengkapi desain meja ini. Buat sebuah rectangle, lagi2 pada bagian bawah permukaan meja untuk membentuk badan laci, kemudian gunakan push/pull tool dan tarik secukupnya.



Membentuk laci

Setelah itu, gunakan offset tool untuk memberi sedikit ketebalan pada badan laci. Klik offset tool kemudian pilih bidang bagian depan lalu klik tahan hingga terbentuk ketebalan yang diinginkan. Untuk sedikit memberikan detail, push pada bidang yang baru terbentuk hanya sedikt kedalam.



Mencari titik tengah

Badan laci telah terbentuk. Kita akan membuat kedua buah laci memiliki ukuran dan bentuk yang sama, jadi kita hanya perlu membagi dua badan laci tersebut. Gunakan line tool, lalu pilih midpoint kira-kira ditengah sisi badan laci, lalu tarik lurus ke sisi yang lain. Karena bagian ini memiliki kedalaman, kita perlu memutar view untuk membuat garis tepat menempel pada sisi yang lain. Setelah terlihat, lanjutkan membuat garis untuk mempertemukan kedua sisi.

Tarik 'line' dari titik tengah

Add caption

Kemudian untuk menyelesaikannya buat sebuah handel sederhana dengan menggunakan circle tool pada bidang salah satu laci. Kemudian pull sedikit. Copy handel tersebut ke laci berikutnya....



Buat circle untuk handel laci

Handel setelah di pull dan di copy

Lho selesai...,? ya, selesai. mudah & cepat bukan? Lalu penulis menggunakan shadow pada objek untuk lebih melihat dimensi dan bentuk objek dengan lebih baik. Caranya dengan memilih menu view-shadow, maka area gambar akan diberi bayangan sesuai objek yang telah kita buat. Selanjutnya silahkan bereksperimen dengan material dan membuat beberapa pilihan warna. Selamat mencoba.






Terkait :

- Turotial Membuat Meja Kecil Untuk Produksi
- Tutorial Membuat Gerobak
- Tutorial Membuat Model Halte Busway
- Download SketchUp

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...