BELAJAR SKETCHUP (SKETCHUP TUTORIAL) 2

Pada tutorial kali ini, penulis mencoba mempraktekkan teknik2 dasar sketchup untuk membuat sebuah gerobak dorong sederhana. Bagi yang baru belajar sketchup tanpa dasar sebelumnya dapat meninjau postingan-postingan yang lalu mengenai tool-tool create dasar, modifikasi, maupun navigasinya.

Ok langsung saja kita mulai dengan membuat sebuah rectangle sebagai dasar badan gerobak, proporsi agak memanjang, lalu di pull untuk membentuk tingginya. Jangan terlalu memikirkan ukuran dan proporsinya, karena dapat diubah sewaktu-waktu. Kadang kala kita baru mengetahui ukuran yang ideal setelah terbentuk objek-objek lainnya.



Buat badan gerobak menjadi komponen, lalu dibagian atasnya buat sebuah rectangle kecil yang akan kita bentuk menjadi tiang-tiang penyangga. Jadikan rectangle tersebut sebagai komponen lalu copy ke sudut-sudut gerobak dan berikan juga di bagian tengah.

Kemudian klik ganda pada salah satu rectangle untuk memodifikasinya (perlu klik ganda karena rectangle tersebut telah menjadi komponen). Pull rectangle secukupnya hingga membentuk rangka dari bagian atas gerobak. Perhatikan bahwa rectangle lain hasil copy-an akan mengikuti salah satu rectangle yang anda pull.

Tips: Setelah selesai mengedit komponen, klik ganda kembali di bagian luar komponen untuk kembali ke area gambar.




Untuk memberikan sekat penyimpanan barang dagangan, buat rectangle yang menghubungkan tiang-tiang penyangga. Lalu jadikan komponen. Tidak perlu menjadikan bidang 3d karena kita akan mengaplikasikan material transparan pada bagian ini.

Setelah itu buat papan tipis sebagai alas yang terdiri dari beberapa buah untuk membagi area penyimpanan secara vertikal (bertingkat).



Buat circle dibagian atas badan gerobak untuk menyediakan tempat kompor (klik ganda sebelumnya karena objek ini merupakan komponen), push hingga melubangi badan gerobak dan beri kedalaman secukupnya.





Untuk meletakkan botol2 agar tidak mudah jatuh, pedagang memerlukan wadah khusus. Mari kita buatkan. Buat sebuah rectangle dekat dengan lubang untuk kompor, offset sedikit, lalu pull bagian luarnya hingga menyisakan bagian tengah tidak ikut tertarik agar terbentuk ruangan penyimpanan. Tidak lupa jadikan objek tersebut sebagai komponen.



Badan gerobak hampir selesai, tapi apa artinya wadah penyimpanan dan kompor kalau bagian atasnya tidak tertutup? Kasian juga pedagangnya :P, karena itu beri atap dengan membuat rectangle kembali dibagian atas tiang-tiang penyangga. PUll sedikit dan jadikan komponen. Edit komponen tersebut dengan di-pull pada sisi-sisinya agar area atap melebihi area gerobak.



Sekarang atap akan kita variasikan menjadi sedikit estetis. Pilih sisi pendek dari bagian atas atap, lalu move sedikit agar memiliki kelancipan. Begitu pula dengan sisi seberangnya.



Selanjutnya offset bidang bagian atas agak ketengah hingga membentuk rectangle panjang di bagian tengah, hubungkan sudut2 rectangle kecil tersebut ke sudut2 bidang atap. Lalu dengan view dari samping, move rectangle panjang tersebut ke atas, aha.. bagian atap bahkan menjadi lebih estetis.









Cukup memberi detailnya, sekarang beri roda agar gerobak dapat berjalan. Pilih tampak samping lalu buat lingkaran. Offset lingkaran tersebut untuk membentuk ban, offset kembali untuk membentuk velg. Dan offset sekali lagi untuk membuat poros. Setelah itu hapus bagian antara velg dan poros, pull sedikit untuk memberikan ketebalan.

Untuk membentuk jari-jari roda dapat digunakan line tool. Sederhana saja, buat garis-garis menyilang dan melintasi poros. Tidak perlu terlalu banyak. Setelah selesai, jadikan ban tersebut menjadi komponen, posisikan ban pada tempatnya, lalu buat circle kembali dibagian poros (tanpa mengedit komponen) dan pull secukupnya untuk membentuk batang poros. Copy keseluruhan roda ke sisi sebelahnya.




Berikan handel untuk si pedagang menyetir gerobaknya dengan rectangle yang di pull dan dikecilkan ujungnya dengan cara menggeser sisi bagian bawah sedikit keatas.



Selanjutnya saya yakin anda dapat menambahkan detail-detail lainnya dengan teknik yang sama. Agar gerobak siap diisi dan siap berjualan, gunakan material untuk menghiasinya, anda bisa menggunakan wood, color, atau apapun yang sesuai dengan selera. Jangan lupa beri material translucent pada sekat penyimpanan dagangan. Hmm.. enaknya dagang apa ya..?





Terkait :
- Tutorial Membuat Meja
- Tutorial Membuat Model Halte Busway
- Tutorial Mendesain Meja Kecil untuk Produksi
- Tutorial Membuat Kartu Ucapan
- Download SketchUp





LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...