Belajar SketchUp (SketchUp Tutorial) 6 - Produksi dan Modifikasi

Follow Instagram kami : renovsmart untuk melihat update koleksi gambar /Desain/Denah/3d Arsitektur Eksterior & Interior


Melanjutkan postingan tutorial sebelumnya yaitu SketchUp tutorial 5, penulis akan menceritakan sedikit proses produksi dari meja yang telah kita desain sebelumnya. Dari model SketchUp yang telah kita buat, dibutuhkan dua set kaki masing-masing berbentuk menyerupai gawang. Karena ukurannya cukup kecil, maka saya hanya perlu membentuknya menggunakan paku 5cm dengan reng panjang dipaku kan diatas dua buah reng pendek. Hasilnya seperti gambar dibawah. Karena saya akan membuat 3 buah meja, maka diperlukan 6 set kaki.

Kaki-kaki terbentuk dan permukaan meja disiapkan

Mari kita mulai.. 
Untuk permukaan mejanya, sudah dipotong triplek berukuran 30cm x 60 cm. Sedangkan sisi-sisinya juga menggunakan triplek namun dengan ukuran 23x25 cm. Untuk menyusunnya juga hanya dipaku secara sederhana, tanpa mencoak. Sedangkan reng yang didapat tidaklah mulus, melainkan banyak serabut kayu dan kotor. Karena itu kita memerlukan amplas kayu untuk merapikannya.

Meja-meja sederhana telah terbentuk

Hasilnya dapat kita lihat sebuah meja sederhana, lalu saya mencoba menambahkan sepotong kecil triplek untuk menghiasi bagian depannya. Namun sebelumnya kita buat sedikit sketsa menggunakan SketchUp.


Tampak depan untuk menambahkan komponen


Buat rectangle, dan berikan arc disalah satu sisi


Copy permukaan yang terbentuk


Gunakan flip untuk membalik secara horisontal



Posisikan hasil copy & flip ke sisi lainnya, lalu hapus garis pinggir

Posisikan objek

Pull 1 cm

Setelah itu kita potong bahan, dan rekatkan dengan paku kecil.


Hasil
Meja sudah terlihat lebih manis, namun tidak ada salahnya sedikit bereksperimen lagi, karenanya penulis mencoba menggunakan kayu lis (ukuran 3cm tebal 1cm). Kita bentuk dulu model sketchUp nya yaitu sebuah rectangle ukuran 3cm x 25cm, lalu di pull sebanyak 1 cm. Dengan sedikit variasi bentuk dan kombinasi komponen lainnya, kita gabungkan ke model meja yang telah terbentuk. Lalu setelah cocok kita coba terapkan ke bahannya, lalu pasang dengan paku kecil.

Kayu lis yang disiapkan

Buat rectangle untuk lis


Pull 1 cm

Beri variasi, jadikan komponen, lalu putar


Posisikan lis melalui tampak samping


Posisikan lis melalui tampak depan

Copy lis

Putar hingga posisi tegak
Jadikan komponen
Edit komponen, pilih, lalu flip


Posisikan melalui tampak samping



Posisikan melalui tampak depan


Selesai

Tambahan kayu lis yang terakhir selain sebagai pemanis juga dapat digunakan untuk meletakkan alat tulis seperti pulpen, pensil atau penghapus. Nah, selesai sudah meja yang serbaguna ini. Dengan sedikit berkreasi dan experimen melalui SketchUp, pembaca dapat membuat objek-objek lain sesuai kebutuhan, & jangan lupa di-share ya..










Terkait :
- Tutorial Membuat Meja Kecil
- Download SketchUp

Share on Google Plus

About Sketsa Asik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment