Navigator pada SketchUp

Penulis menggunakan istilah navigator untuk menyebut tool-tool yang berfungsi mengeksplorasi view pada bidang gambar. Kegunaannya adalah untuk melihat objek dari berbagai macam sudut pandang, menggeser area gambar, memperbesar/memperkecil tampilan, dsb.

Pada toolbar utama telah disediakan tool-tool navigator standar yaitu:

Orbit : Berfungsi memutar area gambar ke berbagai arah. Dapat dilakukan dengan klik icon orbit, klik lalu tahan di area gambar dan gerakkan sesuai keinginan. Selain itu kita dapat menggunakan tombol tengah mouse(tanpa mengklik icon orbit), lalu gerakkan sesuai keinginan untuk mendapatkan view yang diinginkan. Menggunakan orbit tool tidaklah mengubah posisi objek, orbit tool berfungsi seolah-olah kita mengitari objek lalu melihatnya dari berbagai arah pandangan.

Klik-tahan-geser tombol tengah mouse

Pan : Pan berfungsi untuk menggeser area gambar. Tool ini berguna jika kita memperbesar tampilan sehingga tidak semua objek dapat ditampilkan di area monitor. Setelah di zoom area gambar dapat digeser menggunakan tool ini seperti menggeser sebuah kertas yang besar. Selain mengklik icon pan, fungsi ini juga dapat kita gunakan dengan mengklik tombol tengah mouse sambil menekan shift pada keyboard, kemudian gerakkan sesuai keinginan.

Gunakan 'pan' untuk menggeser area kerja
Zoom : Cukup jelas dari namanya karena sering digunakan di berbagai software lain. Pada SketchUp zoom dapat digunakan dengan mengklik icon zoom, lalu klik-tahan di area gambar, gerakkan keatas untuk memperbesar, atau kebawah untuk memperkecil. Lebih umumnya & lebih praktis fungsi zoom dapat digunakan dengan menggunakan scroll pada mouse.

Gunakan 'zoom' untuk mendekat atau menjauh dari objek

Zoom Extent : Tool ini berguna untuk menampilkan seluruh objek yang ada di area gambar agar seluruh objek dapat ditampilkan di layar monitor.

'Zoom extents' untuk melihat keseluruhan objek


Selain tool-tool navigasi dasar tersebut, kita dapat menampilkan lebih banyak lagi tool yang dapat kita coba dan gunakan. Klik menu view-toolbar-camera. Lalu akan muncul beberapa tool tambahan seperti zoom window, zoom next, dan zoom previous. Bagaimana menggunakannya? Saya yakin anda dapat mencoba dan langsung mengetahuinya :D.

Kemudian ada juga toolbar views yang berisi tool-tool untuk menampilkan gambar dari berbagai arah view (tampak) seperti tampak atas, depan, kiri, kanan, belakang, atau tampak perspektif. Untuk memunculkannya klik menu view-tooolbar-view.

Terakhir ada toolbar walk(klik menu view-toolbar-walk), berisi 3 buah tool yang bertujuan untuk mengeksplorasi gambar dengan sudut pandang dan pergerakan manusia. Umumnya digunakan untuk objek-objek bangunan dan ruangan agar kita dapat mengeksplorasi bangunan dengan cara berjalan dan masuk kedalamnya.

Position camera : Berfungsi meletakkan posisi pengamat pada area gambar. dengan mengklik tool ini lalu klik pada area yang diinginkan, gambar akan di zoom sesuai posisi kita mengklik. Tampilan tersebut merupakan pandangan kita seolah-olah sedang berdiri di titik tersebut.

Walk : Setelah momposisikan kamera, dengan menggunakan tool ini kita dapat "berjalan" menyelusuri area gambar. Klik toolnya, kemudian klik-tahan diarea gambar lalu gerakkan mouse keatas untuk berjalan kedepan, kebawah untuk mundur, dan kiri-kanan untuk berbelok.

Look around : Dengan mengklik tombol ini, kita dapat melihat sekeliling dari posisi kita "berdiri". Klik-tahan pada area gambar, lalu gerakkan ke segala arah untuk melihat kesekeliling seolah-olah kita menggerakkan kepala dengan bebas lalu melihat keberbagai arah.

Jika dalam menavigasi ada objek yang ingin kita lihat namun terhalang objek lain, objek yang menghalangi tersebut dapat disembunyikan dengan cara mengklik objek lalu klik kanan dan pilih hide. Objek tersebut akan hilang dari tampilan namun tidak terhapus. Cara memunculkannya kembali adalah dengan mengklik menu edit-unhide-all, lalu seluruh objek yang telah disembunyikan akan muncul kembali.

Banyaknya tool-tool navigasi pada SketchUp tidak untuk membingungkan pengguna namun justru mempermudah kita untuk menggambar dengan leluasa tanpa terhambat oleh minimnya area monitor. Selain itu dengan tool-tool ini kita dapat berinteraksi dengan sebebas-bebasnya seolah-olah objek yang digambar berada tepat dihadapan dan dapat dengan mudah dieksplorasi.


Terkait :
- Peta Toolbar & Istilah SketchUp
- Dasar-dasar SketchUp
- Tutorial Membuat Meja

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...