JENDELA MATERIAL PADA SKETCHUP

Tanpa material, objek yang dihasilkan sketchup hanya akan berupa bidang putih tanpa warna dan tekstur. Karena itu sketchup menyediakan jendela material yang memberikan kita banyak pilihan untuk memberi warna dan tekstur pada objek maupun bidang yang telah dibuat.

Untuk memunculkan jendela material klik window-material pada pilihan menu. Atau pengguna dapat juga mengklik tool yang bergambar kaleng cat. Setelah diklik akan muncul sebuah jendela kecil berisi pilihan jenis-jenis material yang tersedia dan bisa kita gunakan. Pilih salah satu kategori dan akan muncul tampilan sampel dari berbagai jenis yang ada pada kategori tersebut.

Jendela kategori material

Cara menggunakannya simpel saja, klik pada sampel material yang diinginkan, lalu setelah terpilih tampilan yang lebih besar akan muncul dibagian atas jendela material. Material dapat langsung diterapkan pada bidang objek sesuai keinginan.

Perhatikan bahwa material hanya akan bekerja pada bidang yang tertutup saja, dan pemberian material akan terbatasi oleh garis yang menutup suatu area pada objek.

Kategori Brick and Cladding

Perhatikan gambar. Pada gambar dibawah penulis membuat sebuah dinding yang telah diberi material bata(brick) dipermukaannya, Kemudian jika penulis ingin mengganti material menjadi cat hijau misalnya, kategori color pada jendela material dapat digunakan dan jika color tersebut diaplikasikan pada dinding tekstur bata akan hilang dan berganti menjadi warna yang kita pilih. Nah penulis mencoba membuat agar plesteran dinding tampak tidak utuh atau mengelupas sehingga bagian bata dapat terlihat. Penulis menggunakan menu draw-freehand untuk menggambar garis secara bebas di bidang dinding. Garis digambar mempertemukan kedua sisi bidang agar terbentuk bidang baru yang terpisah dari bidang sebelumnya. Setelah terpisah kita dapat mengaplikasikan dua material yang berbeda satu sama lain.

Material bata diterapkan pada satu sisi

Material berbeda dipisahkan dengan garis

Setelah material diaplikasikan pada objek, kita dapat mengedit kembali properties dari material tersebut. Caranya adalah dengan mengklik icon pipet yang berada di jendela material, pilih material yang telah menempel pada objek, lalu material yang kita ambil dengan pipet akan muncul pada jendela material. Pilih edit, dan akan tampil tab baru berupa properties material yang bisa kita ubah sesuai keinginan.

Kita dapat mengubah warna dasar material dengan mengklik warna dan kontras yang diinginkan, ukuran material, transparansi (opacity) ataupun menggunakan gambar yang kita miliki sebagai material.

Jendela edit material


 Terkait :
- Dasar-dasar SketchUp
- Download SketchUp
- Tutorial Membuat Meja Kecil Untuk Produksi

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...