Google Melepas SketchUp

KOMPAS.com — Sebagai perusahaan teknologi yang kaya raya, Google "rajin" membeli atau mengakuisisi sebuah perusahaan. Namun, kali ini ceritanya berbeda, Google justru menjual produk miliknya. Seperti dilansir Reuters, Google telah menjual aplikasi desain 3D SketchUp ke Trimble Navigation. Alasannya, Google sedang ingin merampingkan bisnis yang dianggapnya tidak perlu.

 SketchUp adalah freeware dari Google yang bisa digunakan untuk membuat dan memodifikasi gambar bentuk 3 dimensi. Dengan aplikasi tersebut, mendesain model 3 dimensi akan menjadi lebih mudah. Google SketchUp begitu fleksibel dan bisa bekerja dengan baik bersama aplikasi model 3D lainnya seperti AutoCAD, 3DSMAX, Blender, dan lain-lain. Bahkan, aplikasi ini pun bisa digunakan oleh anak-anak dan golongan profesional.

Aplikasi ini juga tersedia secara gratis, dan ada juga yang berbayar. Google menjual SketchUp ke Trimble Navigation. Trimble merupakan perusahaan yang fokus dalam hal peralatan survei, pemetaan, dan navigasi kelautan. Dengan pengambilalihan bisnis tersebut, Trimble berharap akan memperluas bisnisnya ke depan.

"Kami menemukan mitra (penjualan) yang tepat agar SketchUp bisa terus berkembang sesuai bisnis utamanya," kata Brian McClendon, Vice President of Engineering Google. Meski SketchUp telah dijual, Google akan terus bermitra dengan Trimble Navigation. Hal ini khususnya untuk mengembangkan SketchUp 3D warehouse, aplikasi penyimpanan online 3D yang memungkinkan pengguna bisa membuat, menyimpan, ataupun membagikan aplikasi 3D. "SketchUp dan 3D warehouse akan menjadi sinergi integrasi bisnis kedua perusahaan di masa depan," tambah Vice President Trimble Bryn Fosburgh.

Google dulu membeli SketchUp pada 2006. Awalnya, SketchUp adalah startup (perusahaan rintisan internet) kecil dari Colorado, Amerika Serikat. Hingga saat ini, jumlah penggunanya telah lebih dari 30 juta. Penjualan bisnis tersebut akan resmi pada pertengahan tahun ini. Google menjamin akan terus memberikan aplikasi versi gratis hingga batas akuisisi selesai. Sayangnya, Google tidak menjelaskan berapa nilai penjualan bisnis SketchUp tersebut.

Link : http://tekno.kompas.com/read/2012/05/01/05051492/Google.Jual.SketchUp


Terkait :
- Tentang Google Earth
- SketchUp Showcase
- 3d Warehouse
Share on Google Plus

About Sketsa Asik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment