MEMBUAT OBJEK MENJADI KOMPONEN DI SKETCHUP

Objek yang telah kita buat menggunakan sketchup merupakan kumpulan dari garis dan bidang, ada kalanya garis dan bidang tersebut telah kita bentuk menjadi sebuah kesatuan misalnya sebuah kursi atau sebuah botol. Namun dengan hanya menggambar sebuah kursi atau sebuah botol, sketchup belum mengidentifikasi kursi atau botol tersebut sebagai sebuah objek, melainkan hanya sekedar kumpulan garis dan bidang.

Ok untuk membuktikannya kita coba saja dengan membuat sebuah objek.

Objek sebelum dijadikan komponen

Pada gambar terlihat sebuah pot bunga kosong yang telah dibuat menggunakan sketchup. Dengan melihat, kita dapat mengidentifikasi objek tersebut sebagai sebuah pot, namun komputer tidak dapat melihat itu dan mengidentifikasinya, kenapa? karena komputer memang tidak dapat melihat bahkan apa yang ia tampilkan sekalipun.

Karena itu ketika kita mengklik salah satu bagian benda, yang terpilih hanyalah apa yang berada pada posisi kursor, bukan seluruh badan objek. Hal ini tentunya akan sangat menyulitkan ketika kita bekerja dengan banyak objek dalam satu file, karena seluruh garis dan bidang akan mudah menyatu, bertumpukan, dan akan sulit menyeleksi objek karena banyaknya garis atau bidang lain yang akan ikut kedalam seleksi. Selain itu kita harus menyeleksi seluruh garis dan bidang dalam suatu objek hanya untuk memodifikasi objek tersebut.

Pada gambar dibawah terlihat sebuah 'kecelakaan' dalam menggerakkan objek karena beberapa garis dan bidang dibagian bawah objek belum terseleksi.

Objek belum terpilih seluruhnhya

Karena itulah Sketchup menyediakan fasilitas 'Component' yang dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi objek menjadi satu kesatuan utuh.
Untuk mengetahuinya penulis menggunakan objek yang sama dan membuat komponen dari objek tersebut. Caranya seleksi seluruh objek yang ingin digabung menjadi komponen, kemudian klik kanan mouse lalu pilih 'Make Component'. Lalu sebuah jendela 'Create Component' akan muncul. Sederhananya, beri nama komponen misalnya 'pot' lalu klik 'create'(pastikan ada tanda centang pada 'Replace selection with component').

Menjadikan objek sebagai komponen

Objek telah membentuk komponen

Nah, sebuah komponen telah terbentuk. Anda sekarang akan mudah untuk memilih objek untuk dimodifikasi, dipindahkan, dicopy, rotate, dsb tanpa harus menyeleksi keseluruhan garis dan bidang. Anda juga tidak akan terganggu dengan objek lain ketika menyeleksi.

Dengan membuat komponen, objek yang berupa komponen jika digandakan menjadi beberapa buah kesemuanya akan memiliki kesamaan bahkan jika salah satu objek kita modifikasi objek-objek salinannya juga akan mengikuti modifikasi tersebut. Hal ini akan menguntungkan ketika kita harus membuat beberapa buah objek yang sama dan perubahan terjadi sewaktu-waktu, kita tidak perlu menghapus salinan objek dan mengcopynya kembali karena objek objek salinan akan mengikuti salah satu objek yang termodifikasi. Untuk memodifikasi objek yang telah menjadi komponen, klik ganda pada komponen, kemudian komponen tersebut akan terhighlight berbeda dengan objek lainnya menunjukkan komponen siap dimodifikasi. Perhatikan gambar

Duplikat komponen akan mengikuti perubahan

Nah jika kita ingin salah satu komponen menjadi unik, dengan kata lain tidak akan terpengaruh oleh modifikasi salinannya, maka klik kanan pada komponen tersebut dan pilih 'make unique'. Komponen tersebut akan berdiri sendiri tanpa terpengaruh atau mempengaruhi komponen-komponen salinannya.

Komponen lain tidak mengikuti perubahan setelah dibuat "unique"

Terkait : 




LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...